Jumat, 11 Desember 2009

(500) Days of Summer (2009)


YOW! setelah nge-post dua ulasan film yang cukup "keras", ada baiknya kali ini saya membahas satu film romantis (caileeeh), hehe.
dunia seni (film, musik, dsb) memang tidak pernah usai dengan tema-tema cinta. entah itu tema cinta yang tragis ataupun bertemakan cinta yang happy ending. film yang kali ini saya bahas adalah (500) DAYS OF SUMMER.

Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt), seorang lulusan arsitektur yang bekerja sebagai penulis kartu ucapan yang tinggal di Los Angeles. Pada suatu hari di sebuah rapat rutin kantor, ia langsung terpikat oleh sekretaris baru bosnya, Summer Finn (Zoeey Deschanel). Summer Finn dikisahkan sebagai seorang wanita independen yang selalu menarik perhatian orang-orang akan kecantikannya sejak kecil namun mempunyai pengalaman buruk akan percintaan karena perceraian orang tuanya. Berikutnya, setelah beberapa kekakuan, Tom akhirnya mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan Summer di sebuah lift. Ketika itu Tom yang secara tak sengaja berduaan dengan Summer disebuah lift diajak ngobrol oleh Summer yang juga tertarik dengan THE SMITHS, band yang lagunya sedang diputar oleh Tom di headsetnya. Setelah itu, di sebuah acara karaoke bersama pegawai-pegawai kantor lainnya, Tom dan Summer makin dekat dan saling tertarik. Beberapa hari berikutnya pun mereka langsung berkencan. Kartu-kartu ucapan yang ditulis oleh Tom untuk perusahaannya semua terinspirasi oleh keindahan Summer yang ia rasakan.

Hari-hari yang baik dan penuh moment-moment romantis dialami keduanya selama beberapa minggu ke depan. Tapi entah kenapa muncul konflik-konflik kecil di hari-hari beikutnya. Konflik-konflik tersebut dipicu oleh perbedaan pandangan mengenai cinta dan hubungan cinta dari masing-masing yang mempunyai latar belakang pemahaman cinta sejak kecil. Akankah Tom dan Summer akan terus bersama, anda dapat menjawabnya dengan menonton sendiri film ini.

Gaya penceritaan film cukup menarik, dengan bercerita satu hari pilihan sekali dari lima ratus hari dengan diawali dengan tampilan nomer hari di sebuah kartu ucapan dan selalu dibimbing oleh sebuah suara narator yang cukup lucu. Alurnya yang maju-mundur membuat kita penasaran selama menonton film ini untuk mengetahui bagaimana sebenarnya akhir ceritanya. Kencan-kencan mereka berdua juga pasti menarik bagi anda dan membuat terpingkal-pingkal (khususnya pada kencan di sebuah depaterment store besar). Konflik cinta yang mereka alami juga tidak biasa, tidak ada peran keluarga yang tidak menyetujui, tidak ada perselingkuhan murahan, hanya konflik yang bersumber dari masing-masing pasangan yang berbeda pandangan dan prinsip akan cintanya masing-masing. Konflik yang diceritakan pun tidak melewati pertikaian berlebihan. oya, saya juga suka dengan lagu-lagu yang mengisi scene-scene dalam film ini.

Disutradarai: Marc Webb

Penghargaan-penghargaan yang diraih atau dinominasikan untuk film ini:
2009 Nominated Palm Beach International Film Festival Film Presented
2009 Nominated SXSW Film Presented
2009 Nominated Seattle International Film Festival Film Presented
2009 Nominated Sundance Film Festival Film Presented

Rating: *****
Baik Ditonton: Berduan (bebas sama siapa aja, hehe)

Quotes dari film ini:
There's no such a thing as love.
It's a fantasy - Summer Finn

0 komentar:

Posting Komentar